BLK Kelurahan Sudimara Barat Lahirkan Pelaku UMKM Dari Pelatihan Barista -->

Advertisement

BLK Kelurahan Sudimara Barat Lahirkan Pelaku UMKM Dari Pelatihan Barista

Kamis, 19 November 2020


PostNewsTime-Tangerang.Guna meningkatkan kompetensi dan produktivitas masyarakat di tengah pandemi Covid-19, Pemkot Tangerang membuka BLK di 104 kelurahan, dengan 16 bidang pelatihan.


Salah satunya, di Kelurahan Sudimara Barat, Kecamatan Ciledug, yang menggelar Pelatihan Barista, Selasa (17/11/20). Diikuti 20 peserta, mereka dilatih menjadi barista bahkan mampu membuka kedai kopi sendiri.


"Ini salah satu program bantuan Pemkot Tangerang di tengah pandemi. Selain Barista, kami juga membuka pelatihan ternak lele, sablon, service motor dan beberapa bidang pelatihan lainnya. Tujuannya, membuka kesempatan dan mendorong peserta menjadi pelaku bisnis baru di Kota Tangerang," ungkap Lurah Sudimara Barat, Jaini Matin.


Sementara itu, M. Ridwan, sebagai salah seorang narasumber, mengungkapkan, dalam pelatihan para peserta diberikan pelatihan secara materi dan praktik. Mulai dari resep-resep kopi, alat-alat dasar pembuatan kopi, hingga teknik pengemasan yang menarik.


"Kami mendorong mereka untuk tergugah menjadi pelaku UMKM baru dibidang kopi. Terlebih, jika mereka punya modal, bisa membuat kedai kopi kecil-kecilan dengan ilmu yang didapat dari pelatihan ini. Kami juga membuat grup untuk pembinaan lanjutan," katanya.


Antusias para peserta pun cukup tinggi. Terlebih, banyak dari mereka yang ingin membuka kedai kopi sendiri. Mengingat, dunia kopi saat ini sedang banyak digandrungi berbagai kalangan masyarakat.


"Saya barista yang kerja beberapa bulan sebelum Covid-19, karena pandemi saya kena PHK. Maka saya senang banget ada pelatihan seperti ini. Saya bisa mendalami skil saya, tinggal cari modal dan insyaallah bisa buka kedai sendiri," harap Asfiq Faze, salah seorang peserta.


Usman/Haryo/Hms