Kebon Sanset Ketapang Manfaatkan Lahan untuk Bersama -->

Advertisement

Kebon Sanset Ketapang Manfaatkan Lahan untuk Bersama

Senin, 09 November 2020




PostNewsTime-Tangerang.Akan bertambah lagi kampung tematik di Kota Tangerang, yaitu kampung proklim yang berlokasi di RW 6, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Cipondoh.


Tepat berada di bawah sutet, kampung ini diberi nama Kebon Sanset atau Kebon Sayur Mayur di Bawah Tiang Sutet.


Lurah Ketapang, Alex Saadon, mengatakan, masyarakat tidak bisa melihat lahan kosong yang tidak terurus, sehingga terdorong untuk melakukan pembenahan agar bermanfaat.


“Tadinya ini lahan tidur yang didiamkan saja. Cuma sayangkan ada empangnya juga. Jadi kenapa nggak dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk bercocok tanam maupun pembibitan,” ujarnya saat ditemui di Kebon Sanset, Senin (09/10).


Pembangunan Kebon Sanset baru berjalan satu bulan. Nantinya akan ada pembibitan tanaman dan ikan lele yang bertujuan menjaga ketahanan pangan masyarakat setempat.


“Di sini akan ditanami sayur-mayur yang dapat dimanfaatkan warga sekitar dalam memenuhi kebutuhan pokoknya, seperti tomat dan pakcoy. Lumayan bisa mengurangi beban belanja harian. Empangnya juga akan dimanfaatkan untuk pembibitan ikan lele,” jelasnya.


Sementara itu, Ketua RW 06, Niswan, menjelaskan, Kebon Sanset berawal dari inisiasi warga RW 06 yang ingin memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam.


“Alhamdulillah, atas ijin pemiliknya, Ustad Yusuf Mansyur, Kampung Sanset boleh dimanfaatkan apabila untuk kepentingan bersama. Oleh oleh karena itu, kami bergotong-royong membersihkan lokasi kebon setiap Sabtu dan Minggu,” tuturnya.


Harapannya, Kebon Sanset dapat menjadi percontohan bagi wilayah lainnya, serta tempat rujukan masyarakat luar yang ingin belajar bercocok tanam dan pembibitan.


“Kebetulan di sebelah Kebon Sanset ini ada sekolah alam. Ke depannya, bisa jadi Kebon Sanset dapat dijadikan rujukan tempat edukasi untuk masyarakat yang ingin belajar bercocok tanam dan pembibitan,” ungkapnya.


Usman/Haryo/Hms