Perkaya Ilmu dan Budaya Literasi Melalui Dongeng Daring Ala DPAD -->

Advertisement

Perkaya Ilmu dan Budaya Literasi Melalui Dongeng Daring Ala DPAD

Jumat, 13 November 2020


PostNewsTime-Tangerang.Menstimulus budaya literasi dikala pandemi, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang, mengadakan kegiatan story telling atau mendongeng secara daring.


"Kegiatan mendongeng ini memang rutin kami (DPAD) lakukan, namun yang berbeda adalah kali ini kami lakukan secara daring. Kami juga bekerjasama dengan Dinas Kominfo untuk wilayah yang sudah ada program RW Net," kata Kepala DPAD Kota Tangerang, Meita Bachraeni, saat ditemui di Perpustakaan Kota Tangerang, Kamis (12/11/2020).


DPAD, lanjut Meita, juga mengajak para duta baca dan pemenang lomba mendongeng sebagai pendongeng pada acara tersebut.


"Untuk pendongengnya kami mengajak duta baca Kota Tangerang dan yang juara lomba mendongeng tahun lalu. Alhamdulillah, semuanya mau bekerjasama untuk kegiatan ini," lanjut Meita.


Fasilitas yang diberikan oleh Pemerintah Kota Tangerang pun disambut baik di wilayah, salah satunya di Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang.


"Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Tangerang terutama Dinas Kominfo yang telah mengadakan program RW Net dan DPAD yang telah mengadakan kegiatan mendongeng, sehingga anak-anak memiliki aktivitas positif yang menyenangkan selain belajar," kata Ali Furqon, Lurah Babakan.


Dirinya juga menambahkan dari delapan Rukun Warga (RW) yang ada di Kelurahan Babakan, kini telah terfasilitasi oleh RW Net.


"Dari delapan RW kami hanya mengajukan tujuh, karena satunya itu masih masuk dalam perumahan Modernland dan tujuh RW sersebut sudah terfasilitasi RW Net," tambah Ali.


Keceriaan pun tampak dari anak-anak yang didominasi usia Sekolah Dasar. Mereka mengaku senang dengan hadirnya kegiatan mendongeng ini.


"Senang banget bisa dengar cerita nabi Ibrahim, dapat ilmu dari story telling ini senang, soalnya belajar kaya gini ngak ngebosenin," ucap Wisnu seraya tersenyum.


Sebagai informasi, kegiatan mendongeng daring dilaksanakan satu bulan sekali yang dibagi ke tiga wilayah, yaitu barat di Kecamatan Periuk, Jatiuwung, Cibodas dan Karawaci, pada 21 Oktober 2020. Di Wilayah Tengah meliputi Kecamatan Tangerang, Benda, Neglasari dan Batuceper, pada 12 November. Dan di wilayah timur yaitu di Kecamatan Ciledug, Larangan, Pinang, Karang Tengah dan Cipondoh, yang akan digelar pada 8 Desember 2020.


Usman/Haryo/Hms