Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Berita Pilihan

Hukum

Berita Utama

Bisnis

Hukrim

Iklan Pendidikan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Vaksin Sinovac Tiba di Kota Tangerang

Saturday, 23 January 2021 | January 23, 2021 WIB Last Updated 2021-01-23T16:59:18Z


Postnewstime l Tangerang Kota. - Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) telah menerima sejumlah vaksin yang didistribusikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Banten, pada Sabtu (23/01/2021), yang ditempatkan di UPT. Instalasi Farmasi milik Dinkes Kota Tangerang, yang berada di Jalan Bango Raya No.9, RT.001/RW.013, Cibodasari, Kecamatan Cibodas.
Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Liza Puspadewi, menjelaskan, Vaksin Sinovac hari ini sudah tiba di Instalasi Farmasi Kota Tangerang yaitu sebanyak 22.280 dosis

Kata dr. Liza, dengan telah tersedianya vaksin, akan dijadwalkan pemberian vaksin tahap pertama yang akan diberikan kepada para tenaga kesehatan Dinkes sekitar 190 orang, yang akan dilaksanakan pada Minggu 24 Januari 2021, Pukul 09.00 wib.
"Untuk lokasinya di Kantor Dinkes. Tentunya kami sudah siapkan dengan sebaik mungkin, agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar," ujarnya, disela acara serah terima vaksin.

Kemudian, lanjut dr. Liza, pada Senin 25 Januari 2021, akan dilaksanakan di 38 Puskesmas. Berikutnya di rumah sakit dan klinik kesehatan se-Kota Tangerang.

"Distribusi vaksin untuk Puskesmas dilaksanakan hari minggu (besok), sehingga senin pagi sudah bisa dilakukan vaksinasi dan satu hari selesai. Jadi setelah itu, besoknya kami bisa alokasikan kepada tenaga kesehatan mandiri dan RS lanjutnya.

Selain itu, Dinkes juga telah menyediakan ruang penyimpanan yang berisi 10 Cold Chain TCW 3000 serta 565 vaksinator yang tersebar di Kota Tangerang.

"Masing-masing cold chain memiliki kapasitas 150 liter dengan total 22.280 dosis tadi, kami hanya menggunakan empat kotak saja. Insyaallah, jika ada pengiriman dalam skala lebih besar, kami masih bisa menampungnya," papar Liza.

Dirinya berharap, dengan hadirnya Vaksin Sinovac ini, dapat memberikan kekebalan imunitas pada masyarakat sehingga dapat memutus penyebaran Covid-19 di Kota Tangerang.

"Walau vaksin sudah ada, namun masyarakat harus ingat, protokol kesehatan tidak boleh diabaikan, karena tidak semua orang bisa divaksin," harapnya.

Sebagai informasi, untuk tahap pertama, target sasaran vaksin di Kota Tangerang sekitar 11.113 dosis. Di mana akan dilakukan vaksinasi sebanyak dua kali, dengan jeda 14 hari setelah suntikan pertama. Adapun orang yang memiliki penyakit komorbid, yang pernah terkena covid, ibu menyusui, serta ibu hamil, tidak boleh divaksin.

Jurnalis : Usman/Haryo/Hms
×
Berita Terbaru Update